Luar Biasa ! PIMNAS CLASS BEM FIKES Universitas Muhammadiyah Lamongan Sukses Dilaksanakan

umlanews – PIMNAS CLASS (pekan ilmiah mahasiswa nasional) merupakan salah satu program kerja Badan eksekutif mahasiswa fakultas ilmu kesehatan universitas muhammadiyah lamongan. kegiatan ini bertema “Membangun kreativitas mahasiswa FIKES menuju PIMNAS 37”. PIMNAS CLASS ini dilaksanakan selama tiga hari mulai hari rabu sampai dengan hari jumat (3-5/01/2024).

Kegiatan ini dibuka di auditorium budi utomo universitas muhammadiyah lamongan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Kesehatan, Ibu Faizatul Ummah S. SiT., M. Kes. kegiatan ini dilaksanakan jauh hari dengan diadakan open recruitment pada tanggal 27 – 31 Desember 2023. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini membahas 3 materi, yaitu:

  1. P2MW (program pembinaan mahasiswa wirausaha)
  2. PKM (Program kreativitas mahasiswa)
  3. PPK Ormawa ( program penguatan kapasitas ormawa.

kegiatan dimulai pada hari rabu, 3 Januari 2024 diawali dengan acara sosialisasi dan launching PIMNAS CLASS. Kemudian dilanjutkan ke materi pertama membahas tentang P2MW dengan pemateri ibu Trijati Puspita lestari, S. Kep., Ns., M. Kep. selaku dosen keperawatan dan mengundang pemenang dari program tersebut yaitu miftakul bilka.
Kemudian dilanjutkan pada hari kamis, 4 Januari 2024 pukul 13.00 WIB membahas tentang PKM dengan pemateri ibu masunatul ubudiyah dan mengundang mahasiswi yang lolos pendanaan yaitu vivit ayu.
Kegiatan terakhir pada hari jumat, 5 Januari 2024 pukul 13.00 WIB yaitu membahas materi tentang PPK dengan pemateri ibu apt devi ristiani selaku dosen S1 farmasi universitas muhammadiyah lamongan. Kegiatan terakhir ini mengundang salah satu anggota ormawa yang lolos yaitu vanis ayu dan kegiatan ini hanya diikuti himpunan mahasiswa.

Ketua umum BEM FIKES Nilam Fatmawati mengatakan, “bahwasanya program kerja PIMNAS CLASS ini ada program kerja yang kami usung dengan berpedoman pada catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yang diantaranya adalah penelitian. Hal ini menjadi motivasi kami untuk meningkatkan SDM mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan untuk dibekali ilmu yang cukup dengan di adakannya PIMNAS CLASS. Dalam kegiatan PIMNAS CLASS ini ada 3 kegiatan yang utama yaitu tentang penyusunan proposal PKM, P2MW, dan PPK Ormawa dengan narasumber yang berbeda. Harapanya setelah adanya program ini, teman-teman Fakultas Ilmu Kesehatan semangat dalam mengikuti program yang diadakan oleh Kemenristekdikti melalui Ditjen. Belmawa”.

Ketua pelaksana alfina’ul Firdaus menambahkan, “Alasan kami membuat program ini dikarenakan kurang minatnya mahasiswa FIKES dalam mengikuti program-program dari ke3 nya itu, terutama dari prodi saya yaitu prodi kep, jadi harapan kami ketika kami membuat program PIMNAS class ini mahasiswa FIKES itu sudah mempunyai bekal dan informasi walaupun hanya sedikit yang bisa difahami, jadi ketika dari kampus membuka seleksi salah satu program tersebut mahasiswa FIKES ini sudah punya pegangan “

Dari kegiatan ini juga di harapkan semoga proposal yang diajukan ke kampus dari mahasiswa FIKES banyak yang lolos, dan dari kegiatan ini semoga bisa bermanfaat bagi mahasiswa FIKES dalam menyusun proposal kreativitas serta menjadi langkah awal untuk mahasiswa FIKES menjadi lebih baik lagi dalam hal peningkatan kreativitas.

Penulis: Nisfi tia widyaningsih

Editor: Bayu Anugrah Bahtiar