Tim Pengabdian Masyarakat Umla Buat Pop Up ScrapBook Medis dan Kreasi Boneka Tangan

umlanews – Tim pengabdian masyarakat Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) telah berhasil melaksanakan implementasi kegiatan berupa pembuatan pojok literasi Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Pop Up ScrapBook Medis serta Kreasi Boneka Tangan Guna Meningkatkan Minat Baca.

Tim ini berjumlah 5 mahasiswa, diantaranya Galuh ambar pramuditasebagai ketua tim ,Maya Maghfirotur Rohmah,Dea Arviana Ekawati, Wanti nur’aini,Rossa selfi yuliana putri dengan dosen pembimbing Apt. Primanitha Ria Utami M, farm.

Pengabdian ini telah berhasil membuat pojok literasi, bahan literasi tersebut berguna untuk memberikan bekal kepada siswa siswi guna meningkatkan pengetahuan mengenai pendidikan, dunia  kesehatan serta pentingnya menumbuhkan minat baca.
 
Siswa-siswi mendapatkan motivasi agar memiliki  semangat untuk meningkatkan minat baca. dengan hasil susunan buku-buku yang sudah dibuat dalam bentuk upgrade yang sudah disusun. Yang dibuat  dengan cara sekreatif mungkin  oleh tim PKM ini .
 
Kegiatan ini  sangat  diapresiasi oleh kepala sekolah dan guru-guru dari SDN Ngujugrejo karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti yang dilakukan oleh tim di sekolah tersebut.  sehingga kepala sekolah merasa kegiatan ini  merupakan sebuah inovasi baru yang dilakukan oleh tim PKM dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Tim PKM-PM dan siswa Menyusun dalam pembuatan pojok literasi dimana pada saat penyusunan tim PKM-PM sembari menjelaskan proses pembuatan dari masing masing media seperti pop up scrapbook dan boneka tangan.

Serta tim PKM-PM  meminta siswa untuk menempelkan hiasan-hiasan bunga yang sudah dibuat dari kertas origami dan di letakkan di pojok dinding kelas, melalui kegiatan ini siswa dapat mengembangkan potensi, mengasah kecerdasan, melatih daya kreativitas, dan pembentukan kepribadiannya.

Sehingga ruang kelas itu juga menjadi lebih menarik dan  hidup. karena di samping ada pop upscrabook tersebut  tim pkm ini juga berhasil membuat suatu kreasi boneka tangan  yang bertema profesi kesehatan yang nantinya itu bisa di simulasikan atau diperagakan oleh anak-anak atau siswa-siswi SD tersebut dengan menggunakan atribut lengkap sesuai dengan profesi kesehatan tersebut jadi seperti dokter cilik apoteker cilik dan bidan cilik.

Harapan kegiatan setelah dilakukan kegiatan ini siswa siswi SD dapat meningkatkan minat baca melalui kreasi- kreasi yang dibuat oleh tim PKM-PM hasil evaluasinya siswa-siswi SD dari yang awalnya tidak ada yang tidak pernah membaca sama sekali akhirnya dengan adanya inovasi tersebut inovasi boneka tangan dan popupscrabook ini siswa-siswi akhirnya mengenal  jenis-jenis bacaan yang lebih bervariasi diikuti dengan kreasi boneka tangan itu jadi lebih menarik.

Selai itu untuk ke depannya  supaya bisa berkegiatan secara berkelanjutan dan bisa diaplikasikan di mata pelajaran siswa-siswi, seperti pelajaran bahasa Indonesia atau mata pelajaran seni.

Penulis: Alfain Jalaludin R.

Editor: Bayu Anugrah Bahtiar